Tuesday 12 February 2013

Tips Presentasi saat Maju Ujian UKK tanggal 16 Februari 2013

1. Ketahui dan ingat baik-baik point penting dalam presentasi kalian. Persiapkan itu dan jangan sampai ketika kalian melakukan presentasi, kalian melupakan hal-hal tersebut.
2. Sebelumnya,bertanyalah dan jawablah sendiri mengapa kira-kira kalian maju sebagai perwakilan kelompok untuk presentasi dan Penguji mendengarkan apa yang kalian akan sampaikan. Penguji tentu berada di ruang itu adalah untuk alasan tertentu. Sangatlah penting untuk memahami mengapa Penguji harus mendengarkan Presentasimu, Jadi buatlah semenarik mungkin untuk Pengujinya.
3. Membuat koneksi dengan Penguji. Karena Presentasi selalu dimulai dengan membuat sebuah hubungan emosional dengan para audiens (tetapi dalam hal ini mungkin di ruang Aula SMK IKIP nantinya hanya ada Penguji saja), meskipun tujuannya adalah untuk menjual sesuatu produk usaha
, Koneksi ini akan dapat membangun empati, yang pada gilirannya mendorong Penguji kalian untuk lebih mudah menerima apa yang kalian katakan. Jadi kuasailah ruangan itu seisinya dengan sebaik-baiknya.
4. Jaga fokus Penguji hanya pada diri kalian dan isi presentasi kalian. Bunuh kebosanan mereka dengan spontanitas yang terarah dari kalian, mungkin sedikit lawakan dapat mencairkan suasana.(Ingat jika bisa melakukan joke atau lawakan, jika tidak bisa tidak perlu melakukannya)
5. Ketahui lebih mendalam tentang apa yang ingin kalian sampaikan, karena explorasi diri pada presentasi dan spontanitas akan lebih terasa menarik didengarkan daripada melihat kalian seperti buku yang berbicara. Disamping penguasaan cerita yang baik maka kalianpun juga harus mencari dan menemukan gaya kalian sendiri karena hal ini dapat memberi image seorang presenter yang elegant…jadi, bila kalian ingin mempresentasikan sesuatu secara benar, maka presentasikan pula diri kalian kepada Penguji secara menarik dan benar.
(Ingat dalam hal ini materi Proposal Usaha yang kalian buat TIDAK perlu DIHAFALKAN)
Apapun jenis Proposal Usaha yang akan kalian Presentasikan, Tips ini saya pikir sangat cocok untuk mereka yang belum terbiasa melakukan presentasi.
Dan saya harapkan semoga kalian semua sukses,...............!!!!!!

No comments:

Post a Comment